Senin, 19 Agustus 2013

Berhemat Air = Kita Melindungi Bumi tercinta kita

Cara Hemat Menggunakan air bersih

Selain berhemat listrik berhemat dalam menggunakan air juga perlu dilakukan, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan & menjaga kelangsungan bumi kita. Kebutuhan akan air yang semakin meningkat sering terjadi kekeringan, kelangkaan air bersih yang parah disetiap musim kemarau & sebaliknya kebanjiran melanda disetiap musim penghujan, tentu ini menjadi PR bersama yang harus diselesaikan oleh masyarakat.
Dengan menghemat penggunaan air bersih dirumah selain bisa untuk menjaga alam juga untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan air bersih. Maka berikut langkah-langkah dalam berhemat air :
1. Matikan air keran saat sedang menggosok gigi.
2. Periksa saluran-saluran air yang ada diseluruh rumah kita, jika ada keran yang rusak / saluran yang bocor sekecil apapun sebaiknya segera diperbaiki. Kebocoran yang dibiarkan terus-menerus bisa mengakibatkan membengkaknya biaya air yang cukup mahal.
3. Tampung air bekas cucian beras, cucian sayuran, air wudhu pada ember yang bisa digunakan untuk menyiram tanama. Selain lebih hemat air tsb baik untuk kesuburan tanaman.
4. Sebaiknya gunakan ember ketika sedang mencuci motor supaya pemakaian air bisa lebih hemat & bisa ditakar dari pada menggunakan selang.
5. Buatlah lubang-lubang biopori ditaman sekitar rumah yang sangat membantu penyerapan air kedalam tanah ketika hujan. Sehingga bisa mengurangi beban air meluap ketika musim hujan.



Nah Sekian Info Tips dari Saya ..! Smoga dilaksanakan oleh diri pribadi Anda masing-masing ya.. :) !
Terimakasih ....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar